HTML/JavaScript

Rabu, 30 Januari 2013

Pulau Tongah, Muaro Paiti, Sumatera Barat



Bulan Januari sudah akan usai ya. Pada kemana week end kemarin? Pastinya hang out bareng temen-temen ya? kumpul-kumpul dengan keluarga atau malah sibuk di depan laptop berseluncur di dunia maya? hehehe...

Aku mau cerita sedikit nih week end kemarin. Kali ini aku melakukan perjalanan ke Daerah Muaro Paiti Sumatera Barat. Jalurnya yang dilewati masih sama dengan tujuan ke Air Terjun Batu Idung.

Nah kalau diteruskan perjalanannya maka akan sampai ke daerah Muaro Paiti. Seperti yang pernah kuceritakan sebelumnya selama melewati sungai Kapur banyak dijumpai air terjun yang mengalir dari tepi tebing di kedua sisi sungai di sepanjang perjalanan. Dan aku malah tidak sempat untuk menghitung jumlahnya, saking banyaknya.

Untuk melakukan perjalanan ke Muaro Paiti ada hal yang harus diperhatikan. Karena sekarang musim penghujan, maka tidak setiap hari bisa melakukan perjalanan dengan perahu ke sana. Dilihat dan diamati dahulu debit air sungainya. Kalau terlalu deras ataupun dangkal, perahu tidak bisa melakukan perjalanan ke sana . Karena otomatis sangat berbahaya. Wah, kalau mengingat perjalanan kemarin, ada perasaan antara ketakutan dan senang. Memang uji adrenalin ketika melewati pertemuan 2 buah sungai. Arusnya dan gelombang sangat deras. Perahu terombang ambing dan air sempai membasahi baju kami semua. Tidak bisa dideskripsikan dengan gamblang perasaanku saat itu. 
Dalam perjalan pulang, kami sempat singgah di Pulau Tongah atau pulau tengah. Kenapa dinamai Pulau tongah? Karena memang terdapat daratan seperti pulau diantara 2 buah sungai. Daratan tersebut terdiri dari pasir dan bebatuan. Disana juga ada air terjun kecil menyerupai curug. Airnya sangat bening sekali sehingga bebatuan yang ada di bawahnya pun bisa kita lihat. Di sana aku menyempatkan untuk berenang. So Funnn.....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar