HTML/JavaScript

Rabu, 09 Januari 2013

Sungai Kapur & Air Terjun Batu Idung, Koto Kampar Hulu, Riau


Wah, tahun baru ini sobat pada liburan kemana nih? pastinya pada jalan-jalan dong. Kalau yang punya budget berlebih pasti bisa berlibur ke luar negeri, atau keliling provinsi di Indonesia. Trus, yang kantongnya cekak gimana dong? Nah, kalau aku karena masuk dalam kategori ke-2, ya bukan termasuk liburan sih, cuma sekedar jalan-jalan saja. 

Kebetulan salah satu saudariku bertugas di Desa Tanjung  Kecamatan Koto Kampar Hulu , maka awal tahun ini aku membuat pilihan untuk  "membolang" di sana. Selain jaraknya yang tidak jauh dari Kota Pekanbaru, yaitu kurang lebih 120 km dan pastinya tidak mengeluarkan budget yang banyak. Cukup dengan memakai transportasi seperti travel dengan biaya cukup terjangkau sudah bisa sampai ke lokasi. Namun, baiknya menggunakan kendaraan pribadi supaya lebih leluasa dalam melakukan perjalanan.



Mungkin sobat belum tau ya lokasinya dimana?  Koto Kampar Hulu merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Mempunyai Objek Wisata yang menarik untuk dikunjungi. Selain Candi Muara Takus yang terletak di Desa Muara Takus, ada juga Kampung Patin yang terletak di Desa Koto Masjid dan masih banyak lagi  wisata alam  seperti Air Terjun Batu Idung yang terletak di Desa Tanjung.

Untuk mencapai Sungai Kapur, cukup dengan memakai perahu kecil (bermesin) yang dikemudikan oleh masyarakat setempat. Biaya sewanya pun cukup murah. Kapasitas per/perahu bisa mencapai 8 orang. Di sekeliling sungai masih terlihat hutan yang masih terjaga. Sungai ini juga dipakai oleh penduduk sekitar untuk mandi , apalagi jika musim kemarau.

Selain airnya yang cukup bersih, Sungai Kapur mempunyai tebing-tebing yang dipenuhi dengan bebatuan yang cukup besar dan beberapa air terjun baik besar maupun kecil yang mengalir melewati bibir tebing di salah satu sisinya.


with mrs. Lena
mrs. Sri

Kira-kira 30  menit perjalanan, suatu bentukan alam yang unik dengan fitur utama sungai Kapur dan ngarai yang terbentuk dari bebatuan besar di kedua sisinya. Di tambah dengan udara yang cukup sejuk jauh dari polusi seperti di kota besar, merupakan tujuan wisata yang sungguh memikat.
Bebatuan dengan ukuran besar
sisi tebing dengan bebatuan besar




Air Terjun Batu Idung
Air Terjun
Setelah melewati sungai Kapur, kita akan melihat Air Terjun dengan ketinggian kurang lebih 20m, yang mengalir melewati bibir tebing yang terdiri dari bebatuan cadas. Dengan suasana alamnya yang masih bersih, rimbunannya pepohonan yang menutupi sebagian daerah tebing, serta kicauan burung yang bernyanyi tiada henti, membuat kondisi panorama alam di tempat ini benar-benar alami dan menyegarkan. Bagi sobat yang ingin berenang pun bisa melakukannya di sini, tapi jangan lupa memakai perlengkapan pengaman ya, seperti pelampung. Karena sungai ini cukup dalam juga lho.

Udara dingin pasti membuat perut menjadi keroncongan, sobat bisa behenti di sisi sungai yang terdiri dari bebatuan besar yang rata untuk sekedar beristirahat sambil menikmati bekal yang sobat bawa sambil menikmati keindahan alam yang masih alami.



Sekian dulu, sampai bertemu lagi di vacation berikutnya.






4 komentar:

  1. wah... kalau dari foto sama deskripsi di artikel kayaknya objek wisatanya indah juga..
    tp kok kurang dikenal ya?? apa pemdanya kurang promosiin?

    BalasHapus
  2. hehhe..iya,memang agak kurang dikenal..mungkin karena aksesnya yg agak sulit. Tapi ada juga turis yang ke sini lho...:)

    BalasHapus
  3. naik perahunya di mulai dari mana sist... lebih jelasnya ..hehhe penasaran pengen kesana sist ...

    BalasHapus
  4. naiknya dari desa tanjung koto kampar hulu, banyak d sana perahu punya penduduk, bisa di sewa juga..

    BalasHapus