HTML/JavaScript

Selasa, 15 Januari 2013

Hakuna Matata..Ain't no passing craze !


How are you today ?  ?오늘은 어떠세요?? wie geht es dir heute??Apa kabar hari ini?Semoga baik-baik saja ya. Eh, aku ngomong sama siapa yah? kok pakai pembukaan seperti ini?follower juga gak ada di sini. Ngomong sendiri nih kayaknya..:(

Okey,,Hakuna Matata? Apa sih itu? Ada yang pernah dengar gak? Pasti pernah lah ya..!
Sebenernya aku baru tau istilah ini setelah nonton film Korea berjudul 200 Pounds Beauty bertahun-tahun yang lalu.


Nah, karena belakangan ini agak-agak gimana yaaaa , jadi keinget sama film itu. Karena kayaknya ada istilah dan simbol yang dipakai oleh pemeran utamanya,  bahwa simbol itu adalah simbol yang dapat mengabulkan permintaan seseorang. Setelah ngubek-ubek file, nemu deh tuh film, puter sebentar nyari-nyari part dimana kata-kata itu ada. Oh, ternyata HAKUNA MATATA. Dalam film itu, tokoh utama yaitu Kang Han Na adalah seorang gadis gemuk yang berkeinginan menjadi bintang music pop, namun karena tubuhnya tidak mendukung dia hanya menjadi vocalist lip sinc artis terkenal bernama Ami. Dia jatuh cinta kepada eksekutif perusahaan bernama Sang Jun. Karena merasa dimanfaatkan oleh mereka berdua, Han Na menghilang kemudian melakukan operasi plastik. Dia mengganti namanya menjadi Jenny,dan bekerja sebagai penyanyi di perusahan Sang Jun.  Sebelumnya, Han Na membuat tato di perutnya dengan simbol Hakuna Matata. Simbol itulah yang akhirnya, membuat identitasnya diketahui oleh Sang Jun. Walau telah berdusta atas identitasnya, ternyata Sang Jun juga telah jatuh hati kepada Kang Han Na. Intinya, Han Na memperoleh apa yang dia inginkan. Menjadi Penyanyi dan mendapatkan cintanya.

Jadi sebenarnya apa arti Hakuna Matata ?

Simbol Hakuna Matata
Hakuna Matata adalah sebuah perkataan dalam bahasa Swahili  (Bahasa ini digunakan secara luas   di sub-Shara Afrika) yang biasanya diterjemahkan menjadi "jangan khawatir" atau "don't worry"

Menurutku, dengan Hakuna Matata, Han Na yang sangat terpukul karena merasa direndahkan, menjadi sangat kuat untuk mewujudkan keinginannya. Hemm, iya..biasanya karena direndahkan, kita akan menjadi lebih kuat. Kuat untuk membuktikan bahwa kita tidak seperti yang mereka pikir. Bahkan kita bisa menjadi lebih hebat.


Ada juga film produksi Walt Disney  berjudul The Lion King, dalam film ini Nyanyian Hakuna Matata digunakan oleh si tokoh Timon dan Pumbaa  untuk menghibur si Simba, Pangeran singa yang sedang tertimpa masalah karena ayahnya dibunuh oleh pamannya sendiri, kemudian kerajaannya dikuasai oleh pamannya yang sangat jahat, sementara si Simba terusir dari kerajaanya sendiri tanpa teman, menderita kelaparan dan kehausan.Nah ini vclip nya Simba cs menyanyikan Hakuna Matata Versi bahasa Indonesia.



 Timon:
Hakuna Matata!
What a wonderful phrase

Pumbaa:
Hakuna Matata!
Ain't no passing craze

Timon:
It means no worries
For the rest of your days

Both:
It's our problem-free
Philosophy

Timon:
Hakuna Matata!
{Spoken section over background}
Simba: Hakuna matata?
Pumbaa: Yeah, it's our motto.
Simba: What's a motto?
Timon: Nothing! What's a motto with you? Ahh ha ha ha...
Pumbaa: {Laughing} You know what, kid? These two words will
solve all your problems.

Timon: That's right! Take Pumbaa for example.
{Back into song}
Timon:
Why, when he was a young warthog...
Pumbaa: {Italian counter-tenor range}
When I was a young wart hoooog!
Timon: {Speaking, cleaning ear} Very nice.
Pumbaa: Thanks!
Timon: {Singing}
He found his aroma lacked a certain appeal
He could clear the savannah after every meal
Pumbaa:
I'm a sensitive soul, though I seem thick-skinned
And it hurt that my friends never stood downwind
And oh, the shame
{Timon: He was ashamed!}
Thoughta changin' my name
{Oh, what's in a name?}
And I got downhearted
{How did you feel?}
Ev'rytime that I...
Timon: {Speaking} Pumbaa! Not in front of the kids!
Pumbaa: {Speaking} Oh... sorry.
Pumbaa and Timon:
Hakuna Matata!
What a wonderful phrase
Hakuna Matata!
Ain't no passing craze
Simba:
It means no worries
For the rest of your days
Timon:
Yeah, sing it, kid!
Simba and Timon:
It's our problem-free ...........
Pumbaa:philosophy...
All three:
Hakuna Matata!

Sepertinya, tiap saat Hakuna Matata, jadi semacam "mantra" bagiku. Yahh,,maksudnya jadi motto dalam menyemangati diri sendiri. Supaya jangan khawatir. Maksudnya bukan aku meremehkan atau acuh tak acuh pada masalah. Intinya sih, mempersiapkan hati untuk tidak jatuh atau terpuruk terlalu dalam jika masalah berat itu datang. Jangan khawatir dalam "Hakuna Matata" lebih kepada "pegangan" untuk menghadapi masalah itu, tidak menyerah dan harus  bangkit lagi.


Anw, memang akhir-akhir ini ada aja ya yang membuat capek hati dan pikiran itu. Kadang, melarikan diri dengan jalan-jalan atau liburan itu cuma kesenangan sesaat, yaaa intinya emang harus dihadapi, diterima dan dijalani dengan ikhlas dan lapang dada. Toh, apa yang kita tabur itulah yang kita tuai. Bener kan?

Salam Hakuna Matata....semangat!!!

2 komentar:

  1. Bener banget, apa y kita tabur itu yg kita tunai...hakuna matata

    BalasHapus